Tips-Tips Membaca Buku ala Saung Hizba

 

Mungkin beberapa dari kita udah sering baca buku-buku, dari yang diwajib-kan dosen sampai yang kita suka baik buku ilmiah sampai fiksi. Tapi temen-temen sadar gak, kalo misalkan dari sekian banyak buku yang dibaca, banyak banget yang dilupa. Bahkan kadang setelah membaca baru bukunya ditutup udah lupa tentang apa yang tadi udah dibaca.

Berikut beberapa tips buat kalian yang bisa langsung dibiasakan Ketika membaca. Sebenarnya tips-tips ini bukan pure dari pikiran saya, tapi dari beberapa kali mengalami permasalahan dalam mengingat khususnya dan dibantu oleh teman-teman saya juga.

1.      Baca apa yang kamu suka dan kamu perlukan

Kadang kala sering kita dianjurkan atau bahkan dipaksa oleh dosen atau senior-senior di organisasi untuk membaca buku-buku yang sebenarnya tidak terlalu kita suka. Meskipun sebenarnya pengetahuan itu merupakan kebutuhan maka perlu sedikit paksaan agar terbiasa, tapi buat kita para pemula alangkah lebih baiknya untuk kita membiasakan diri untuk membaca diwaktu luang dan meluangkan waktu untuk membaca terlebih dahulu.

Namun dengan demikian jangan sampai kita enggan untuk mencoba membaca buku-buku yang ‘kaku’ karena kebanyakan pemahaman yang utuh didapatkan dari keseimbangan dari baca buku beneran (textbook) yang disempurnakan dengan membaca ‘buku-bukuan’ (buku popular). So, bacalah yang kamu sukai dan yang kamu perlukan. Tujuan utamanya tak lain ialah pembiasaan dulu.

2.      Biasakan untuk mengutip sebelum menutup

Mencatat kutipan perlu untuk mulai dibiasakan sebelum menutup buku. Mindset yang harus kita tanamkan dari sekarang bukan lagi “berapa banyak buku yang bisa kamu baca dalam satu hari/minggu/bulan” tetapi “seberapa banyak pemahaman yang bisa kamu dapatkan dalam membaca satu buku”. Yang menjadi tujuan bukan kuantitas tapi kualitas pemahaman kita. Oleh karena itu, Langkah kongkritnya slow-reading membaca pelan-pelan yang penting paham. Alon-alon asalkan paham.

Nah, selain itu kutip dan catat baik di hape kamu, atau di laptop, atau di notebook. Dan yang perlu dikutip yaitu;

·         Sesuatu yang menarik Ketika kamu membacanya

·         Yang mengesankan

·         Yang bikin kamu bingung

·         Dan yang membuat kamu bertanya-tanya “kok bisa ya?”

Cara mengutipnya boleh secara langsung atau kutipan tidak langsung, dengan seperti itu kamu tidak perlu menghafalkan tiap kata dalam buku, karena sudah tercatat di catatanmu. Dengan seperti itu kamu sudah mulai membiasakan menulis dan membaca. Meskipun gak publish ya nggak masalah.

3.      Coba untuk mengkontekstualisasikan dengan keadaan sekitarmu, lalu catat

Di sela-sela membaca, sisihkan waktu untuk istirahat sembari mengkontekstualisasikan dengan keadaan sekitarmu. Sederhananya setelah membaca beberapa baba tau Ketika mendapati paragraph yang ‘ngena banget’ coba kamu relate-in sama kehidupan kamu atau lingkunganmu. Dan jangan lupa untuk dicatat. Biar gak ilang gitu aja. karena terkadang kurang masuknya bacaan kita karena ngerasa bahwa yang kita bac aitu gak relatable sama kehidupan jadi gampang banget lupa.

 

4.      Post dan Publish

Tips yang terakhir ini hukumnya Sunnah Muakkadah penting tapi jika dirasa belum mampu gak apa-apa kalo gak dikerjakan. Setelah memiliki beberapa catatan tadi, kita mulai untuk membiasakan nge-post tulisan/catatan kita di tweet, snap wa, story ig, dan medsos lainnya. Untuk apa? Bukan untuk pamer apalagi sok-sokan doang. Tapi buat menguji mental untuk menerima komentar selain itu juga sebagai upaya bertukar pikiran. Di sisi lain, sederhananya jika teman-teman posting catatan, kita sudah melakukan dua kali proses mencatat dan itu akan melekat di ingatan.

Dan yang terakhir jika teman-teman ingin untuk naik level lagi, coba untuk publish tulisan. Jadi setelah membaca kita menulis. Sehingga dalam membaca buku kita tidak hanya konsumsi tapi juga produksi dengan niatan untuk berbagi. Sungguh disayangkan bagi kita yang diberi nikmat pengetahuan akan tetapi tidak membawakan kebermanfaatan. Tapi ini masih sifatnya sunnah. Dan ingat, membaca buku bukan untuk keren, tapi untuk lebih paham.

semoga tips-tips diatas bisa membantu.

@kontrakan_bocor
09.50 WIB

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saung ini Akan Ditutup

Kuliah, buat apa!?